Berita / Akademik /
ITP Siapkan Talenta Ahli Kelistrikan Menyambut Era Elektrifikasi
Humas | 27 Maret 2023
Foto : Humas ITP - Umar Hanafi Khalid

Indonesia sebagai salah satu pasar infrastruktur di kawasan ASEAN terus melakukan pembangunan fisik, termasuk pembangunan infrakstruktur ketenagalistrikan. Hal ini bertujuan dalam menopang aktivitas ekonomi dan sosial masyarakat.

Selain itu, dalam rangka menumbuhkan kesadaran global untuk menyelamatkan bumi dari pemanasan global, Indonesia melakukan transisi energi menjadi energi yang lebih ramah lingkungan dengan jejak karbon rendah pada industi komersial.

Seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan zaman, kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten di sektor ketenagalistrikan terus meningkat. Tenaga ahli eletrikal yang kompeten dan tersertifikasi sangat dibutuhkan demi mencapai kualitas lembaga yang unggul.

Institut Teknologi Padang (ITP) melalui Program Studi Teknik Elektro Sarjana turut serta dalam mendukung inovasi dan mengatasi permasalahan kelistrikan di Indonesia dengan menciptakan lulusan yang kompeten dan professional di bidang elektrikal.

Bersama para dosen professional di bidang ketenagalistrikan yang merupakan lulusan kampus ternama baik dari dalam negeri maupun luar negeri, ITP menyusun kurikulum yang mengikuti perkembangan zaman dan menghasilkan lulusan yang berpengalaman dalam proses Engineering Design.

Program Studi Teknik Elektro S1 ITP telah menghasilkan lulusan yang telah bekerja di berbagai sektor baik pemerintahan maupun swasta, diantaranya PT. Semen Padang (Persero), PT.PLN (Persero), PT. Chevron, PT. Angkasa Pura, PT.Trakindo, PT.Telkomsel, PT. Indosat, PT.Indah Kiat, Pemerintah Daerah, Dosen atau Guru, dan Wirausahawan.

Prodi yang telah terakreditasi  “Baik Sekali” dari BAN PT dengan SK BAN PT No. 2413/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2019 ini memiliki fasilitas labor yang lengkap dan terbaik, program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang mendorong mahasiswa dapat mengusai berbagai keilmuan sebagai bekal untuk dunia kerja, jadwal kuliah dapat disusun sendiri, dan terdapat program Kelas Mitra bagi kalian yang  bekerja tapi tetap ingin kuliah.

Selain itu, bagi kamu yang punya hobi dan bakat dapat menyalurkannya melalui kanal Youtobe Teknik Elektro ITP yang bernama studio Io yang bisa menampung krativitas kamu semua.

Berikut Prospek Kerja Lulusan Program Studi Teknik Elektro S1 ITP:

  • Lembaga pemerintahan :Insinyur perencanaan pembangkit listrik, insinyur sistem operasi dan pemeliharaan, manajemen utilitas listrik, insinyur desain, dan insinyur pemasaran dibidang teknik tenaga listrik.
  • Pelatih Profesional di berbagai organisasi dan perusahaan
  • Pendidik dan tenaga pengajar di bidang Teknik Listrik
  • Enterpreneur           :Wirausahawan di bidang tenagakelistrikan dengan membuat produk atau jasa mulai dari proses bisnis penyediaan barang hingga commissioning proyek ketenagalistrikan.


Created By Widia/Humas