Berita / Akademik /
ITP Siap Sambut 1000 Mahasiswa Baru TA 2023/2024
Humas | 06 April 2023
Foto : Humas ITP - Umar Hanafi Khalid

Momentum Penerimaan Mahahasiswa Baru (PMB) Tahun Ajaran 2023/2024 sudah semakin terasa. Institut Teknologi Padang (ITP)  sebagai  Perguruan Tinggi Teknik tertua di Sumatera Bagian Tengah turut menyemarakkan momen PMB TA. 2023/2024.

ITP membuka penerimaan mahasiswa baru dalam dua gelombang, gelombang pertama dimulai dari April ini hingga tanggal 30 Juni 2023 dan gelombang kedua akan dibuka pada 01 Juli 2023 hingga 31 Agustus 2023.


Rektor ITP, Dr. Ir. Hendri Nofrianto, M.T menyampaikan tahun ini ITP menerima 1000 mahasiswa baru yang dapat tergabung pada semua Program Studi  (Prodi) di ITP. Ia optimis kuota 1000 mahasiswa ini akan ter tercapai menilik dengan meningkatnya minat mahasiswa untuk berkuliah di ITP.

“Strategi yang kami rancang demi dapat menyerap calon mahasiswa baru adalah dengan meningkatkan kualitas dan kompetensi Sumber Daya Manusia yang berada di lingkungan ITP. Saya percaya dengan mengoptimalkan seluruh sumber daya yang ada, visi ITP menjadi World Class University akan tercapai,” ujar Hendri, Rabu (05/04).

Baca juga : ITP Selalu Adaptif dan Inovatif Hadapi Perkembangan Zaman

Dia juga menyampaikan ITP memiliki 6 Prodi Sarjana yang terdiri dari Teknik Mesin, Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Informatika, Teknik, Geodesi, dan Teknik Lingkungan. Selain itu, ITP juga memiliki Fakultas Vokasi yang terdiri dari Prodi Diploma III Teknik Mesin dan D4 atau Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Konstruksi Bangunan (Sipil) dan D4 Teknologi Rekayasa Instalasi Listrik (Elektro).

“Salah satu yang menarik adalah Prodi Pasca Sarjana Teknik Sipil dengan bidang keahlian Rekayasa Struktur dan Manajemen Konstruksi. Prodi  yang baru dibuka pada PMB tahun 2022 telah berhasil melewati target mahasiswa yang ingin dicapai,” ungkap ia.

Ia menjelaskan target awal ITP menerima mahasiswa Pasca Sarjana Teknik Sipil adalah 10 orang. Kini Mahasiswa yang tengah mengikuti program magister Teknik Sipil ITP berjumlah 26 orang yang menjalani perkuliahan secara Hybrid, sehingga tahun ini ITP menargetkan 30 orang mahasiswa pada Program Pasca Sarjana ini.

Dia juga menambahkan untuk tahun 2022 ITP berhasil menyerap 30 % mahasiswa dari luar provinsi Sumatera Barat, bahkan ada mahasiswa yang berasal dari Pulau Kalimantan dan Nusa Tenggara. Ini merupakan bukti integritas ITP dapat menjangkau  mahasiswa hingga di luar Pulau Sumatera.

Dalam kesempatan yang sama Ketua PMB ITP TA 2023/2024, Syafri Wardi, Ph.D menjelaskan pendaftaran mahasiswa baru ITP dapat diakses melalui website spmb.itp.ac.id yang merupakan laman resmi PMB ITP. Selain itu, ITP memiliki penawaran khusus bagi calon mahasiswa yang mendaftar pada gelombang 1 mendapat potongan harga sebesar Rp1 juta.

“ITP juga memberikan keringanan pembayaran uang kuliah yang dibayar 3 kali angsuran tiap semester dan untuk pendaftaran ulang pertama calon mahasiswa cukup membayar minimal 25 % dari biaya kuliah, sehingga tidak memberatkan mahasiswa” jelasnya.

Ia juga menambahkan ITP juga memiliki beberapa program beasiswa yang dapat diajukan oleh calon mahasiswa baru, yang pertama yaitu beasiswa yayasan berupa bebas uang kuliah 1 tahun dan dapat diperpanjang di semester berikutnya. Beasiswa Yayasan ini diprioritaskan bagi siswa berprestasi bidang akademik dan non akademik.

“Kedua beasiswa KIP kuliah berupa bebas uang kuliah dan insentif biaya hidup per bulan selama masa studi normal. Beasiswa KIP Kuliah ini diprioritaskan bagi siswa yang kurang mampu secara ekonomi  siswa berprestasi bidang akademik dan non akademi,” terangnya.

Selain itu, ITP juga membuka jalur kelas mitra khusus untuk mahasiswa yang ingin melanjutkan studi dari program diploma tiga ke jenjang sarjana.


Credit By Widia/Humas