Berita / Akademik /
ITP Akan Gelar Wisuda Angkatan 78 Periode 1 Tahun 2023, Lulusan Terbaik IPK 3,93
Humas | 26 Mei 2023
Foto : Humas ITP-Widia Afrianti

Institut Teknologi Padang (ITP) akan menggelar Wisuda Angkatan ke- 78 Periode 1 Tahun 2023, wisuda akan dilangsungkan pada Sabtu (27/05) di Padang Convention Center Truntum Hotel. Sebanyak 167 wisudawan akan dikukuhkan pada prosesi wisuda ke-78 ITP yang berasal dari Fakultas Teknik dan Fakultas Vokasi ITP.

Ketua panitia Wisuda ITP ke-78, Saiyidinal Fikri, M.T.menjelaskan 160 wisudawan berasal dari Fakultas Teknik yaitu wisudawan Program Studi (Prodi) Teknik Sipil Sarjana, Teknik Geodesi Sarjana, Teknik Elektro Sarjana, Teknik Mesin Sarjana, dan Teknik Informatika Sarjana. Serta 7 wisudawan berasal dari Fakultas Vokasi yaitu wisudawan Prodi Teknik Mesin D3.

“Dari 167 wisudawan terdapat 6 wisudawan yang mendapatkan penghargaan sebagai wisudawan terbaik yang merupakan peraih IPK tertinggi masing-masing Prodi. Selain itu sebanyak 14 wisudawan berhasil menyelesaikan masa studi kurang dari 4 tahun ,” ujar Fikri, dalam acara Coffee morning pada Kamis (25 /05).

Fikri juga menjelaskan pada wisuda ITP ke- 78 ini terdapat tiga orang mahasiswa yang mendapatkan perhargaan sebagai peraih IPK terbaik. Tiga mahasiswa terbaik itu yaitu Dira Muvianti Warman dengan IPK 3, 93, Nurdin Hamzah 3,85, dan Cahaya Hasanah Meinas dengan IPK 3,81.

Ia menjelaskan ketiga mahasiswa peraih penghargaan ini tidak hanya berprestasi secara akademik, mereka juga aktif berorganisasi dan aktif mengikuti berbagai kegiatan kampus. Lebih lanjut lagi Fikri menyebutkan ketiga mahasiswa terbaik ini merupakan penerima beasiswa Yayasan dan beasiswa KIP Kuliah.

“Selain itu, ada yang menarik pada wisuda ke-78 ini, salah seorang wisudawan atas nama Muhammad Fiqri Oktarianto wisuda di usia 21 tahun 5 bulan. Ia menjadi wisudawan termuda pada wisuda periode ini karena rata-rata usia wisudawan pada periode ini berumur 22 tahun ,” ujar Fikri.

Dalam kesempatan berbeda Rektor ITP,  Dr. Ir. Hendri Nofrianto, M.T mengungkapkan hal yang membanggakan pada wisuda ITP ke-78 adalah lebih kurang 20 % wisudawan telah mengkonfimasi dalam tahap rekrutment baik di BUMN maupun di perusahaan besar lainnya. Sebagian mengkonfirmasi ketidakhadirannya dalam pelaksanaan wisuda karena telah memiliki jadwal wawancara.

Ia menegaskan bahwa hal ini mendorong Perguruan Tinggi untuk meningkatkan pelayanannya, salah satunya terkait surat keterangan lulus, agar saat mahasiswa dinyatakan lulus mereka dapat didampingi dengan surat keterangan lulusnya. Hal ini bertujuan untuk memudahkan mahasiswa dalam proses administrasi rekrutmen.

“Disamping itu, kita perlu inovasi terkait model pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PBL) dan Case Study sesuai dengan yang didorong oleh kemendikbud ristek dikti. Harapannya dengan metode pembelajaran baru ini mahasiswa bisa berkolaborasi dan membangun karakter kerja sama,” terang ia, Rabu (24/05).

Rektor mengucapkan selamat kepada para wisudawan yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan dan memberi pesan agar menjadi sarjana yang mampu bersaing dan menghadapi tantangan globalisasi.

Terakhir Rektor juga mengapresiasi panitia yang telah memberikan inovasi pada pelaksanaan wisuda ITP angkatan 78 ini.

Created By Widia/Humas