Berita / Akademik /
ITP Ikuti Seleksi Tahap II Anugerah Humas LLDIKTI Wilayah X Tahun 2023, Paparkan Strategi Komunikasi Pengelolaan Laman Mendukung Transformasi Pendidikan Tinggi
Humas | 17 Oktober 2023
Foto : Anna Syahrani, M.Eng
Institut Teknologi Padang (ITP) mengikuti seleksi Tahap II Anugerah Humas Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X Tahun 2023 Kategori Pengelolaan Laman melalui platform Zoom Meeting pada Senin (16/10). Partisipasi ITP dalam seleksi Tahap II ini karena ITP berhasil terpilih masuk lima besar Anugerah Humas LLDIKTI Wilayah X Tahun 2023 Kategori Pengelolaan Laman.

Acara dibuka secara resmi oleh Kepala LLDIKTI Wilayah X, Afdalisma, S.H., M.Pd yang menyampaikan bahwa unit Kehumasan perguruan tinggi merupakan komponen penting penyelenggaraan perguruan tinggi. Ia menyampaikan penyelenggaraan Anugerah Humas LLDIKTI Wilayah X Tahun 2023 menjadi ajang untuk evaluasi dan momentum untuk meningkatkan kinerja Humas perguruan tinggi.

Pada seleksi Tahap II ini masing-masing Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terpilih melakukan presentasi dan wawancara sebagai bagian dari rangkaian proses penilaian Anugerah Humas LLDIKTI Wilayah X Tahun 2023 yang dilakukan oleh tim penilai eksternal. Juri eksternal yang di dapuk dalam penilaian Kategori pengelolaan Laman adalah Dedy Ong seorang pakar di bidang pengelolaan Laman dan Founder at Webby Digital.

Dalam proses seleksi Tahap II, Juri menggali berbagai informasi dan melakukan konfirmasi terhadap laporan perguruan tinggi yang berhasil lolos penilaian Tahap 1. Adapun hasil tahap presentasi dan wawancara selain digunakan sebagai komponen penilaian, dapat juga sebagai bahan evaluasi dalam meningkatkan kinerja unit kehumasan PTS di lingkungan LLDIKTI Wilayah X.

Dalam sesi presentasi Rektor ITP, Dr. Ir. H. Hendri Nofrianto. M.T., IPM memaparkan bentuk komitmen pimpinan dalam mendukung Program Kerja Biro Humas, Kerja Sama, dan Promosi ITP yang meliputi empat aspek yaitu komunikasi efektif program kerja, peninjauan anggaran, peningkatan relasi internal dan eksternal, serta pengawasan dan evaluasi.



Saat ditemui secara langsung, Ka. Biro Humas, , Kerja Sama, dan Promosi ITP, Anna Syahrani, M.Eng. menjelaskan pada seleksi Tahap II diawali dengan pemutaran video pengelolaan laman web ITP, selanjutnya dilanjutkan dengan sesi pemaparan bentuk komitmen pimpinan oleh Rektor ITP, dilanjutkan dengan pemaparan strategi komunikasi pengelolaan laman ITP oleh Ka. Biro Humas, Kerja Sama, dan Promosi ITP, dan diakhiri dengan sesi tanya jawab dengan juri.

Pada sesi pemamaparan strategi komunikasi pengelolaan laman ITP ia menjelaskan terkait poin-poin pengelolaan laman ITP meliputi tujuan komunikasi, target khalayak, pesan dan media yang terintegrasi dalam mendukung keterbukaan informasi publik, perancangan pembuatan konten baik postingan rutin dan video sebagai visualisasi informasi, dan tahap evaluasi yang mengacu pada analisis trafik laman web dan umpan balik pengguna secara langsung dalam rapat.

“Pengembangan pengelolaan laman web ITP dimulai dari tahun 2021 dimana tim Humas, Kerja Sama, dan Promosi ITP merancang grand design laman web dengan membuat rancangan Mock up yang selanjutnya dikembang menjadi sebuah sistem oleh tim IT ITP dan menjoinkan laman web ITP dengan Google Analytics sebagai bahan evaluasi. Seluruh upaya ini merupakan komitmen ITP dalam mendukung transformasi pendidikan tinggi menuju pendidikan masa depan,” ujar ia.

Ka. Biro Humas, Kerja Sama, dan Promosi ITP berharap ITP dapat memperoleh hasil yang terbaik pada rangkaian seleksi penilaian Anugerah Humas LLDIKTI Wilayah X Tahun 2023 dan dapat terpilih menjadi peserta terbaik yang akan mewakili LLDIKTI Wilayah X dan Provinsi Sumatera Barat dalam Anugerah Humas Diktiristek Tahun 2023. Selain itu, dengan prestasi ini dapat meningkatkan kolaborasi yang erat diinternal ITP untuk bersama-sama mengoptimalkan pengelolaan laman serta meningkatkan citra dan branding ITP di tengah masyarakat.


Created By Widia/Humas