Berita / Akademik /
Dukung Akselerasi Informasi, ITP Kenalkan Teknologi Inovasi Unggulan pada Acara Career Day and Education Fair Tahun 2023 SMAN 15 Padang
Humas | 27 Oktober 2023
Foto : Humas ITP - Umar Hanafi Khalid
Institut Teknologi Padang (ITP) terus memperkuat implementasi Tri Dharma perguruan tinggi, salah satunya di bidang pengabdian masyarakat. Sebagai wujud nyata komitmen tersebut ITP turut berpartisipasi dalam acara Career Day and Education Fair Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh SMAN 15 Padang pada Kamis (27/10) bertempat di SMAN 15 Padang.



Kehadiran ITP dalam kegiatan ini adalah dalam rangka mendukung akselerasi informasi, pengembangan kompetensi siswa/siswi sesuai dengan talenta, serta bentuk motivasi dan literasi bagi siswa/siswi yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan menuju transformasi pendidikan yang lebih inklusif, adaptif, dan berorientasi pada kebutuhan siswa.



Pada acara Career Day and Education Fair Tahun 2023 SMAN 15 yang bertajuk “Open Your Eyes, Your Ear, Your Mind, and Find Your Future” dalam sesi presentasi profil, Afif Zirwan, M.Kom selaku Kepala Bagian Teknologi Informasi dan Komunikasi ITP memaparkan profil ITP, Prodi Unggulan ITP, capaian prestasi, dan berbagai jalinan kerja sama yang telah dibangun ITP baik regional, nasional, bahkan internasional.



ITP yang diwakili oleh Biro Humas, Kerja Sama, dan Promosi ITP membagikan informasi seputar pendidikan di ITP, didukung oleh beberapa perwakilan Program Studi ITP yang turut serta memeriahkan pameran ITP. Di antaranya adalah Prodi Teknik Geodesi Sarjana, Prodi Teknik Informatika Sarjana, Prodi Teknologi Rekayasa Instalasi Listrik Sarjana Terapan, dan Prodi Teknik Lingkungan Sarjana.



Seluruh Prodi yang terlibat dalam acara ini membawa alat dan produk inovasi dan teknologi unggulan tiap-tiap Prodi yang dipresentasikan oleh mahasiswa perwakilan Prodi. Untuk Prodi Teknik Geodesi Sarjana mahasiswa mempresentasikan dan demo beberapa alat survei, di antaranya alat Theodolite yang merupakan alat ukur tinggi tanah dan Teknologi Drone, dalam kegiatan ini mahasiswa Teknik Geodesi Sarjana ITP melakukan sesi menerbangkan Drone untuk mengambil dokumentasi dari udara.



Berikutnya adalah teknologi inovasi unggulan dari Prodi Teknik Informatika Sarjana yaitu teknologi Virtual Reality (VR), pada pameran ini siswa yang berkunjung berkesempatan untuk mencoba layanan Virtual Reality menggunakan perangkat VR yang telah disediakan dan merasakan pengalaman realitas virtual yang sangat menarik.



Tak kalah dengan Prodi lainnya, Prodi Teknologi Rekayasa Instalasi Listrik Sarjana Terapan ITP membawa perangkat Supervisory Control And Data Acqusition (SCADA), pada sesi ini mahasiswa mendemokan cara kerja SCADA yang merupakan perangkat yang dapat memantau dan mengontrol sistem dari jarak jauh secara real time.



Selanjutnya, Prodi Teknik Lingkungan Sarjana ITP hadir dengan membawa materi climate change, para mahasiswa memberikan informasi terkait masalah perubahan iklim dan mengajak para siswa untuk berpartisipasi aktif dalam menjaga lingkungan.



Selama acara berlangsung para siswa/siswi sangat antusias dan berkomunikasi aktif mengikuti pameran yang ada di stand ITP, mulai dari mencoba layanan produk inovasi unggulan masing-masing Prodi dan berinteraksi dengan para mahasiswa yang memaparkan materi. Acara semakin meriah dengan pemberian doorprize bagi siswa/siswi yang aktif bertanya dan berinteraksi.



“Kegiatan ini merupakan momentum yang tepat bagi mahasiswa untuk terjun langsung ke dinamika sosial masyarakat. Melalui kegiatan ini mahasiswa dan siswa dapat saling bersinergi untuk mendukung transformasi pendidikan, karena generasi muda merupakan pilar pembangunan bangsa, “ ujar Kepala Biro Humas, Kerja Sama, Promosi ITP, Anna Syahrani, M.Eng.



Ka.Biro Humas, Kerja Sama, Promosi ITP menuturkan acara ini sejalan dengan salah satu capaian ITP, yaitu meningkatkan exposure dan citra positif untuk seluruh Prodi dan institusi ITP. Ia juga berharap dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan dampak positif dan signifikan dalam meningkatkan kemampuan literasi dan informasi bagi siswa/siswi serta guru.

Created By Widia/Humas