Berita / Akademik /
Institut Teknologi Padang Mengadakan Pendampingan Pengunggahan Proposal Program Kreativitas Mahasiswa
Humas | 03 Maret 2023

Institut Teknologi Padang (ITP) melakukan berbagai hal untuk meningkatkan inovasi dan kreativitas mahasiswa sebagai bagian dari komitmen dari  visi World Class University salah satunya adalah turut serta dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) Tahun 2023.  Salah satu bentuk dukungan yang diberikan ITP adalah menggelar pendampingan  untuk proses unggah proposal PKM di Aula Gedung D Kampus I ITP pada 03 Maret 2023.

Upaya menumbuhkan kreativitas dan inovasi mahasiswa merupakan bagian peningkatan soft skill dan kompetensi mahasiswa Indonesia yang sejalan dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dalam membentuk karakter dan keterampilan berpikir serta bertindak mahasiswa.  Sebagai salah satu Perguruan Tinggi yang berpartisipasi ITP  memberikan respon positif baik dari kalangan mahasiswa maupun Pimpinan Perguruan Tinggi.

Ditemui secara langsung, Saiyidinal Fikri, M.T.  menyampaikan apabila tahun ini, PKM-K masih menjadi primadona pilihan Mahasiswa ITP “ Minat Mahasiswa terhadap kewirausahaan sangat tinggi. Adanya program ini tentu akan semakin meningkatkan potensi dan jiwa kewirausahaan bagi mahasiswa," ungkap Kepala Biro BIKMA dan Pusat Karir ITP.

Fikri menambahkan harapannya tahun ini tentunya proposal yang telah diupload bisa lolos seleksi Kemenristek-Dikti dan mendapatkan hibah pendanaan. Sehingga hal tersebut nantinya akan mampu memacu Mahasiswa aktif berpartisipasi, serta nantinya mampu menularkan ilmu dan pengalamannya kepada Mahasiswa lainnya tambahnya.

Salah satu mahasiswa yang mengikuti program ini adalah Roid Pratama, ia mengungkapkan bahwa PKM memiliki peran penting dalam meningkatkan kreativitas dan kemandirian mahasiswa dalam mencari ilmu. Selain itu menurut Roid PKM memberikan wawasasan dan pengalaman baru dalam mengerjakan sebuah kegiatan atau proyek.

“Hal ini dikarenakan dalam proses pengerjaan PKM mahasiswa dituntut untuk menjadi pribadi yang mampu berfikir  kreatif dan menjunjung tinggi nilai kerjasama, kepedulian, kerja keras. Manfaat lain yang dapat kami rasakan adalah mengasah kemampuan komunikasi baik itu komunikasi antar sesama tim, maupun komunikasi kepada dosen pembimbing,"  jelas Roid.

Dengan judul "Kulit Durian Terinovasi" yang masuk dalam bidang PKM-K, Roid menyampaikan idenya berawal dari pemilihan tema limbah, sehingga ia bersama teman-teman memiliki ide untuk mengolah limbah kulit durian menjadi suatu produk berupa keripik. Roid bersama rekan timnya Gina dan Zukri menyampaikan harapannya untuk bisa lulus hingga PIMNAS dan nantinya produk yang mereka hasilkan bisa diproduksi dan dinikmati masyarakat.

Peran penting PKM juga dirasakan oleh Decky seprianto, mahasiswa Jurusan Teknik Mesin dengan judul PKM adalah BTS (Bicycle Trun Signal) Solusi Kelompok Aman Bersepeda di Jalan Raya Dengan Light Emitting Diode yang merupakan kategori PKM bidang PKM- Karsa Cipta.

“Menurut saya PKM adalah wadah mahasiswa dalam memberikan solusi yang terbaik untuk kemajuan Indonesia terutama di bidang teknologi.  Selain itu PKM juga mengasah kemampuan menulis mahasiswa untuk menuangkan ide-idenya agar dapat menghasilkan produk yang dapat dimanfaatkan bagi masyarakat luas,” ujar Decky.

Lebih lanjut Angga Armansyah rekan satu tim Decky menyampaikan bahwa program PKM ini dapat mengasah kedisiplinan mahasiswa dalam mengerjakan sebuah kegiatan. Pada akhir wawancara Angga menyampaikan harapan agar kedepannya program PKM ini terus berjalan dan dapat menampung lebih banyak lagi kreativitas dan karya mahasiswa.  

 

Created By Widia/Humas