Berita / Akademik /
Mahasiswa ITP Terpilih sebagai Delegasi Sumbar Mengikuti Kegiatan LKMM-TL Dirjen Belmawa, Asah Kemampuan Berpikir Ilmiah
Humas | 11 Oktober 2023
Foto : Devalio

Devalio, Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Institut Teknologi Padang (ITP) terpilih sebagai delegasi Provinsi Sumatera Barat Mengikuti Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Lanjut (LKMM-TL) 2023 yang diadakan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemendikbudristek RI. LKMM- TL ini berlangsung secara luring di Hotel Aston Kartika Grogol, Jakarta Barat pada Kamis hingga Sabtu, 14 - 16 September 2023.

Kegiatan LKMM-TL 2023 ini diikuti oleh perwakilan mahasiswa dari 33 perguruan tinggi negeri dan swasta wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Lampung, dan Sumatera Barat. Sebelumnya, Deva terpilih mengikuti LKMM-TM dan berhasil menjadi salah satu peraih nilai tertinggi di tingkat regional yang kemudian terpilih untuk mengikuti LKMM-TL di tingkat Nasional.


Deva melansir pernyataan dari Kepala Direktur Belmawa Kemendikbudristek RI dalam pembukaan LKMM-TL 2023 bahwa peserta terpilih adalah mahasiswa yang telah berperan dan berkontribusi aktif di tingkat regional.

“Kegiatan ini merupakan apresiasi bagi para mahasiswa terpilih yang bertujuan memberikan pengetahuan dan menambah wawasan bagi seluruh peserta dalam mengasah pola pikir, meningkatkan skill komunikasi, manajemen kemahasiswaan, manajemen organisasi, dan manajemen kegiatan ,” ujar Deva.


Deva, peserta LKMM-TL 2023 perwakilan ITP mengatakan bahwa di hari pertama pelatihan, peserta diberikan beberapa materi pengantar seperti tentang Sejarah Perjuangan Bangsa dan Globalisasi oleh Dr. Herlina Juni Risma Saragih, materi Demokrasi HAM dan Pembangunan Hukum atau Politik dengan pemateri Dr. Arman Nefi, dan materi Pembangunan Bidang Sosial dan Ekonomi dengan pemateri Prof.Dr.Ir. Arief Daryanto, M.Ec. Setelah itu, peserta diarahkan untuk diskusi dan latihan lembar kerja.

“Dalam perancangan lembar kerja mahasiswa dilatih untuk menyusun wacana Pembangunan menuju Indonesia Emas 2045, melalui forum ini kami belajar menganalisis isu-isu strategis untuk menemukan berbagai resolusi ideal dalam menanggulangi berbagai permasalahan sosial–ekonomi di masyarakat. Pada hari terakhir pelatihan seluruh kelompok melakukan presentasi dengan tema Pembangunan Indonesia Berlanjut ,” ungkap Deva.


Deva merasa bangga dapat terpilih dalam kegiatan ini karena dapat merasakan berbagai manfaat diantaranya tambahan ilmu pengetahuan, pengalaman, dan jejaring relasi baru. Dalam pelatihan peserta diajarkan dan dilatih kemampuan berpikir ilmiah, serta kesadaran berbangsa, bernegara, dan cinta tanah air.Sehingga, mahasiswa diharapkan mampu memetakan tantangan dan peluang pembangunan yang berdasar pada data dan Informasi yang valid.


“Saya mengucapkan terima kasih kepada ITP yang telah mendukung saya dalam pelatihan ini, harapannya kedepan akan ada lagi delegasi muda dari ITP untuk mewakili Sumatera Barat dalam ajang Nasional. Satu pesan yang berkesan bagi saya yang disampaikan oleh mentor dari Kemendikbudristek RI bahwa Indonesia dititipkan dan dipercayakan kepada generasi muda, generasi emas Indonesia 2045 yang merupakan pilar bangsa Indonesia, “ tutup Deva.

Created By Widia/Humas